Jan
05

MAGIC WORD 4 : I K H L A S

posted on January 5th 2015 in Magic Words & News & Article with 0 Comments

Apa kekuatan ikhlas?

Kondisi ikhlas berarti dimana Anda mampu merasa bahagia dikala duka, mampu merasa mudah dikala hidup sedang sulit, mampu menertawakan diri Anda di kala Anda sedang melakukan kebodohan


Ikhlaskan diri Anda bila Anda melakukan kesalahan yang berulang, terimalah kemampuan belajar Anda yang tidak secepat sangkaan Anda, ikhlas akan adalah bentuk afirmasi Anda kepada Allah yang berarti bahwa Anda sudah mengosongkan hati dan pikiran serta siap menerima pembelajaran baru bahkan rejeki baru.

Perasaan malu, marah atau bersalah akibat kebodohan Anda adalah perasaan buruk yang malah akan mengundang keburukan utnuk datang pada Anda.

Anda sering mendengar kata `ikhlas’ diucapkan orang. Misalnya, sang dermawan berkata; “Saya menyerahkan sumbangan ini dengan ihklas”. Anehnya, dia mengharapkan sang penerima derma untuk mencoblos tanda gambar dalam pemilihan ketua RT minggu depan. Dia merasa kesal ketika ternyata hasil perhitungan suara lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang menerima derma darinya. Anda memang gemar membawa- bawa kata ikhlas ketika melakukan sesuatu untuk orang lain. Tapi, hati kecil Anda begitu mudahnya menggugat hanya karena orang yang

Anda tolong itu sama sekali tidak mengucapkan terimakasih. Dan diam-diam Anda mencap orang itu sebagai `orang yang tidak tahu terimakasih’. Sebongkah kedongkolan ditambah dengan perasaan tidak dihormati cukup menjadikan Anda kapok untuk menolongnya lagi dikemudian hari.

Juga kala Anda dengar ‘aku sih ikhlas, tapi kadang istriku jadi sangat menyebalkan dan tak mau mengerti keingnanku’, benarkah ikhlas bisa dirangkai dengan kalimat tetapi? Bukankah keinginan Anda akan tercapai bila Anda tak punya lagi perasaan ‘menyebalkan’ dalam hati Anda? Ikhlas adalah ketaatan yang sempurna tanpa syarat dan tanpa pertanyaan. Ikhlaskan kekurangan pasangan Anda dalam memenuhi keinginan Anda karena Anda juga punya kekurangan yang tak kalah buruknya. Ikhlas berarti tetap mencintai (perasaan baik) kelebihan orang lain tanpa mempermasalahkan kekurangannya, toh kini Anda mengerti bahwa perasan buruk terhadap kekurangan orang lain malah akan merugikan diri Anda sendiri?